Biografi Imam Syafi’i Dan Cerita Singkat Mencari Ilmu imam syafi’i

Mengenal seklumit biografi imam syafi’i di kutip dari kitab mukhtasor aimmah arbaa’ah dengan terjemah yang sedikit mendekati pada makna murad berikut penjelasan dari imam syafi’i

الْاِمَامُ مُحَمَّدُ بْنِ إِدْرِيْسَ الشَّافِعِىْ

قَالَ شَيْخُ الْإِسْلَامُ فِيْ عَصْرِهِ الْإِمَامُ مُحْيِ الدِّيْنِ النَّوَاوِيْ قَدَّسَ اللهُ رُوْحَهُ: هُوَاَبُو

عَبْدُ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيْسَ بْنِ الْعَبَّاسَ بْنِ عُثْمَانَ بْنِ شَافِعِ بْنِ السَائِبِ بْنِ عُبَيْدِ بْنِ 

عَبْدِ يَزِيْدِ بْنِ هَاشِمِ بْنِ الْمُطَلِبِ بْنِ عَبْدِ مَنَافِ بْنِ قُصَيْ الْقُرَيْشِي الْمُطَلِبِي الشَّافِعِي

 لْحِجَازِ الْمَكِّي ابْنِ عَمِّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمْ, يَلْتَقِىْ مَعَهُ فِيْ عَبْدِ مَنَافٍ

Telah berkata saykh islam pada masanya imam syafi’i yakni imam muhyiddin annawawi semoga allah mensucikan ruhnya imam syafi adalah putra abdullah bin idris bin abbas bin utsman bin syafi bin syaib bin ubaid bin  abdi yazid bin hasyim bin muthalib bin abdi manaf bin qusoy al-quraysi al mutholibi asyafi’i  bertemu dengan kake rasulullah yang bernama abdu manaf yang merupakan kake ketiga rasulullah.  S a w

قَالَ صَاحِبُ مُجْمَعِ الْأَحْبَابِ مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ الْوَاسِطِيْ عَفَا اللهُ عَنْهُمَا : اِبْنُ 

عَبْدِمَنَافٍ اِجْتَمَعَ فِيْ الْآبَاءِ, ثُمَّ افْتَرَقَ فِيْ الْأَوْلَادِ, فَإِنَّ الْقَاضِيَ أَبَا الطَّيِّبِ قَدَّسَ اللهُ

 رُوْحَهُ قَالَ: الشَّافِعِي ابْنُ عَمِّ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِفْتَرَقَ مِنْ عَبْدِ 

مَنَافٍ, فَزَوَّجَ الْمُطَالِبُ اِبْنَهُ هَاشِمًالِلشِّفَاءِ بِنْتِ هَاشِمِ بْنِ عَبْدِ مَنَافٍ, وَوَلَدَتْ لَهُ عَبْدَ

 يَزِيْدَ جَدَّ الشَافِعِيْ

Dalam kitab shohib majmu sekh muhammad bin hasan al-washiti semoga allah mengapuninya abdi manaf berkumpul dalam garis keturunan ayah kemudian berpisah pada anak-anaknya imam qhodhi abal mutholib semga allah mensucikan ruhnya  merupakan paman dari rasulullah kemudian terputus dari abdi manaf imam sya’fii kemudian muthalib menikahkan anak

وَقَدْ وَلَدَ الشَّافِعِيَّ هَاشِمَانِ: هَاشِمُ بْنُ الْمُطَالِبِ, وَهَاشِمُ بْنُ عَبْدُ مَنَافِ فَهُوَ اِبْنُ عَمّ 

رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاِبْنُ عَمَّتِهِ, لِأَنَّ الْمُطَالِبِ عَمُّ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ

 عَلَيْهِ وَسَلَّمّ, وَالشِفَاءُ بِنْتُ هَاشِمِ بْنِ عَبْدِمَنَافِ أُخْتُ عَبْدِ الْمُطَالِبِ عَمَةُ رَسُوْلِ اللهِ 

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم.

Imam syafi’i di lahirkan dari garis keturunan 2 bani yang bernama hasyim hasyim bin muthalib dan hasyim bin abdi manaf yang merupakan anak dari paman rasulullah dan anak paman dan anak bibinya muthalib yang menjadi paman rasulullah sedangkan syifa’binti hasyim bin abdi manaf sodara abdul muthalib paman rasulullah Saw 

الشَّافِعِيْ رَحِمَهُ اللهُ قُرَيْشِىٌّ مُطَلِبِيٌّ بِإِجْمَاعِ أَهْلِ النَّقْلِ مِنْ جَمِيْعِ الطَّوَائِفِ, وَأُمُّهُ

 أَزْدِيِةُ وَقَدْ تَظَاهَرَتْ الْاَحَادِيْثُ الصَّحِيْحَةُ فِيْ فَضْلِ قُرِيْشٍ, وَانْعَقَدَ الْإِجْمَاعُ عَلَى

 تَفْضِيْلَهُمْ عَلَى جَمِيْعِ قَبَائِلِ الْعَرَبِ وَغَيْرِهِم

Imam syafi’i merupakan orang yang di lahirkan dari keturunan bani qurays dan bani muthalib menurut kesepakatan ahli naql dari berbagai kelompok ibunya bernama uzdiyah sudah jelas hadis-hadis yang shohih dalam membahas keutamaan bani quraiys yang tidak bisa di ragukan lagi keutamaanya dari antara qobilah-qobilah yang ada di negri arab 

(الْحَدِيْثُ الَّذِيْ يَبْحَثُ فَضْلًا مِنْ فَضَا ثِلِ بَنِيْ قُرَيْشٍ)

وَفِي الصَّحِيْحَيْنِ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ قَالَ الْاَئِمَّةِ مِنْ قُرَيْشٍ

Hadis yang akan membahas keutaman di antara keutamaannya bani quraisy

Rasulullah berkata: pemimpin itu dari bani quriys

وَفِيْ صَحِيْحِ مُسْلِمٍ عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

 قَالَ: “النَّاسُ تَبَعَ لِقُرَيْشٍ فِيْ الْخَيْرِ وَالشَّرِّ

وَإِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:”النَّاسُ مَعَادِنُ خِيَارُهُمْ فِيْ الْجَاهِلِيَّةِ 

خيَارُهُمْ فِيْ الْإِسْلَامِ إِذَافَقَهُواْ

Didalam kitab shohih muslim di jelaskan dari jabir R,a. Manusia menikuti bani qurisy dalam hal kebaikan dan keburukanya

Rasulullah berkata: manusia ibarat sumberan maka sebaik-baiknya adalah dia di masa jahiliyah dan sebik-baiknya dia dalam isalam ketika faqih (mengerti tentang agama (

وَفِيْ صَحِيْحِ مُسْلِمٍاَيْضًا عَنْ وَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَاَل: سَمِعْتُ رَسُوْلِ

 اللهَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: “إِنَّاللهَ اصْطَفَى كِنَانَةَ مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيْلَ وَاصْطَفَى

 قُرَيْشًا مِنْ كِنَانَةَوَاصْطَفَى مِنْ قُرَيْشٍ بَنِى هَاشِمٍ وَاصْطَفَانِىْ مِنْ بَنِى هَاشِم”

Didalam kitab shahih muslim juga di  jelaskan riwayat dari washil bin asq’a R,a beliau berkata: rasulullah berkata : saya telah mendengar rasulullah berkata: sesungguhny allah memilih bani kinanah dari anaknya nabi ismail kemudian allah memilih bani qurasy dari bani kinanah dan memilih dari bani quraiys dari bani hasyim kemudian allah memilihku dari bani hasyim. 

وَفِيْ صَحِيْحِ الْبُخَارِيْ عَنْ جَبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ 

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ”اِنَّمَا بَنُوْ الْمُطَلِبِ وَبَنُوْ هَاشِمٍ شَيْءٌ وَاحِد

وَفِيْ التِّرْمِذِي عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلِ اللهِم صَلَّى اللهُ 

عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “الْاَزْدُأُسْدُ اللهِ فِيْ الْأَرْضِ, يُرِيْدُ النَّاسَ أَنْ يَضَعُوْهُمْ, وَيَأبَي اللهُ إِلاَّ أَنْ

 يَرْفَعُهُمْ, وَلْيَأتِيَنَّ عَلَىالنَّاسِ زَمَانٌ يَقُوْلُ الرَّجُلُ: يَا لَيْتَنِيْ كُنْتُ أُزْدِيًا وَيَا لَيْتَ أُمِيْ

 كَانَتْ أَزْدِيَة

Di dalam kitab shohih bukhari riwayat dari jabir bin mut’im semoga allah meridhoinya berkata rasulullah saw : sesungguhnya bani muthalib dan bani hasyim itu satu dalam kesatuan 

(فِيْ مَوْلِدِ الشَّافِعِيْ رَحِمَهُ اللهُ وَ وَفَاتُهُ وَذِكْرُ نُبْذَةٍ مِنْ أُمُوْرِهِ وَحَالَاتِهِ)

Menjelaskan tentang kelahiranya imam syafi’i semoga allah merahmatinya wafatnya dan menjelaskan sedikit riwayat tentang perjalanan hidupnya dan beberapa perilakunya.

أَجْمَعُوْا عَلَى أَنَّهُ وُلِدَ فِيْ سَنَةِ خَمْسِيْنَ وَمِائَةٍ, وَهِيَ السَّنَةُ الَّتِيْ تُوُفِّيَ فِيْهَا أَبُوْحَنِيْفَةَ 

وَقِيْلَ: إِنَّهُ الْيَوْمُ الَّذِيْ تُوُفِّيَ فِيْهِ أَبُوْ حَنِيْفَةَ رَحِمَهُ الله

Ulama sepakat terhadap kelahiranya imam syafi’i yakni beliu di lahirkan pada tahun 150 yakni di tahun di lahirkanya imam abu hanifah R,a tetapi menurut pendapat lain kelahiran imam syafii tepat pada waktu meninggalnya imam abu hanifah 

ثُمَّ الْمَشْهُوْرُ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْجَمْهُوْرُ: أَنَّ الشَّافِعِي وُلِدَ بِغَزَّةَ, وَقِيْلَ: بِعَسْقَلَانَ, وَهُمَا مِنَ

 الْأَرْضِ الْمُقَدَّسَةِ الَّتِىْ بَارَكَ اللهُ تَعَالَى فِيْهَا, فَإِنَّهُمَا عَلَى نَحْوٍ مِنْ مَيْلَيْنِ مِنْ

 بَيْتِالْمَقْدِسِ, ثُمَّ حُمِلَ إِلَى مَكَّةَ وَهُوَ اِبْنُ سنَتَيْنِ, وَتُوُفِّيَ بِمِصْرَ سَنَةَ أَرْيَعٍ وَمِائَتَيْنِ

 وَهُوَاِبْنُ أَرْبَعٍ وَخَمْسِيْنَ سَنَة

Adapun Pendapat jumhurul ulama yang paling mashur imam syafi’i di lahirkan di tanah ghaza pendapatkan lain mengatakan beliau di lahirkan di ‘asqolani  keduanya adalah tanah yang berada di baitul muqodas kemudian beliau di bawa ke kota makkah pada usia 2 tahun lalu beliau meninggal di kota mesir pada tahun 204 di masa usia 54 tahun 

قَالَ الرَّبِيْعُ: تُوُفِّيَ الشَّافِعِي رَحِمَهُ اللهُ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَأَنَا عِنْدَهُ, وَدُفِنَ

 بَعْدَالْعَصْرِيَوْمَ الْجُمْعَةِ آخِرَيَوْمٍ مِنْ رَجَبَ سَنَةَ أَرْبَعٍ وَمِائَتَيْنِ, وَقَبْرُهُ رحمه الله

 بِمِصْرَ,عَلَيَهِ مِنَ الْجَلَالَةِ وَلَهُ مِنَ الْأِحْتِرَامِ مَا هُوَلَائِقٌ بِمَنْصَبِ ذَلِكَ الْإِمَام

Rubai’ berkata: imam syafi’i meninggal pada malam jum’at setelah solat maghrib dan saya (rubai’) berada di sisinya kemudian di makamkan setelah solat asar hari jumaat, tepatnya pada hari akhir dari bulan rajab tahun 204. imam syafi’i  di kebumikan di kota mesir  berdasarkan memberi kemulyaan padanya, baginya mendapatkan kemulyaan seperti itu adalah bentuk memulyakan yang patut, karena sesuai dengan derajat imam syafi’i

وَرَأَي غَيْرُهُ لَيْلَةَ مَوْتِ الشَّافِعِيْ رَحِمَهُ اللهُ قَائِلًا يَقُوْلُ: الَّليْلَةَ مَاتَ النَّبِيُّصلى الله عليه وسلم, قَدْ وُجِدَ

 الشَّافِعِيُ رحمه الله قَدْمَاتَ, وَحَزِنَ النَّاسَ لِمَوْتِهِ الحُزْنَ الَّذِىْ يُوَازِى رَزِيَّتَهُمْ بِه

Menurut riwayat lain tentang malam wafatnya imam syafi’i seraya menyerukan: tatkala  malam wafatnay arasulullah saw.  Juga di malam itu telah wafat imam syafi’i  kemudian semuanya manuisa pada saat itu merasa sedih atas meninggalnya imam syafi’i …?

Masa kecil imam syafi’i 

وَنَشَأَ يَتِيْمًا فِيْ حُجْرِأُمِّهِ فِيْ قِلَّةِ عِيْشٍ وَضِيْقِ حَالٍ, وَكَانَ فِيْ صَبَاهُ يُجَالِسُ

 الْعُلَمَاءَ,وَيَكْتُبُ مَا يَسْتَفِيْدُهُ فِيْ الْعِظَامِ وَنَحْوِهَا لِعَجْزِهِ عَنِ الْوَرَقَ حَتَّى مَلَأَ مِنْهَا

 حِبَابً.

Imam syafi’i lahir dengan keadaan yatim dalam pangkuan sosok ibunya hidup dengan keadaan ekonomi yang rendah dan kehidupan sangat serba terbatas, Masa kecil imam syafi’i sering bersandingan dengan ulama sering menghadiri majlis ulama, beliau juga sering menulis kalam yang berfidah pada tulang dan sejenisnya hal ini dikarenakan ketidak mampuanya membeli kertas untuk di gunakan menulis 

Perjalanan Mencari ilmu imam syafi’i 

وَعَنْ االشَّفِعِي رَحِمَهُ الله , قَالَ : كُنْتُ اُنْظُرْ فِي الشَّعْرِ فَارْتَقَيْتُ عَقَبَةً بِمِنَى, فَاِذًا

 صَوْتٌ مِنْ خَلْفِي : عَلَيْكَ بِالْفِقْهِ.

Dan dari Imam Syafi’i R.A berkata: “Saya lebih memilih ilmu syi’ir kemudian saya naik ke atas bukit yang berada di kota Mina, tiba tiba terdapat suara dari belakangku menyeru :”Belajarlah ilmu fiqih”.” 

وَ عَنْ الْحُمَيْدِى قَالَ: قَالَ الشَّفِعِيْ : خَرَجْتُ أَطْلُبُ النَّحْوِ وَالْأَدَبُ, فَلَقَيْنِى مُسْلِمُ بْنُ

 خَالِدْ الزَّنْجِيْ , فَقَالَ: يَا فَتَى… مِنْ أَيْنَ اَنْتَ ؟

 قُلْتُ: مِنْ أْهْلِ مَكَةَ, قَالَ: أَيْنَ مَنْزِلِكَ؟

 قُلْتُ: شِعْبُ الْخَيْفِ

 قَالَ: مِنْ أَيِّ قَبِيْلَةَ أَنْتَ؟ قُلْتُ: مِنْ عَبْدِ مَنَافٍ,

 فَقَالَ: بَخْ..بَخْ.. لَقَدْ شَرَفَكَ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ إِنْ شَاءَ اللهُ تَعَلَى, ِالَا جَعَلْتَ

 فَهْمَكَ هَذَا فِي الْفِقْهِ فَكَانَ أَحْسَنَ بِكَ؟ . 

Dijelaskan dari Khumaidi, beliau berkata, Imam Syafi’i berkata: “Suatu ketika saya keluar mencari ilmu nahwu dan adab, kemudian bertemu dengan Muslim bin kholid Azzanjiy. Beliau berkata kepada Imam Syafi’i: “Hai pemuda, darimana asalmu?”. Imam Syafi’i menjawab : “Saya berasal dari Mekah”. Beliau berkata: “Dimana rumahmu? “. Imam Syafi’i menjawab: “Rumah saya berada di tepi lereng bukit”. Beliau berkata: “Dari qobilah manakah kamu berasal? “. Imam Syafi’i menjawab: “ Dari qobilah Abdi Manaf.” Beliau berkata : “Woww,…. sungguh Allah akan memuliakanmu di dunia dan di akhirat, insyaAllah. Alangkah baiknya jadikanlah kefahamanmu dalam ilmu fiqih, maka akan lebih baik untukmu.”

فَلَمَّا أَخَذَ الشَّفِعِي رَحِمَهُ اللهُ فِي الْفِقْهِ, وَحَصَلَ مِنْهُ عَلَى مُسْلِمُ بْنُ خَالِدْ الزَّنْجِي

 وَغَيْرِهِ مِنْ أَئِمَّةِ مَكَةَ مَا حَصَّلَ, رَحَلَ إِلَى الْمَدِيْنَةِ قَاصِدًا الْأَخْذَ عَنْ اِمَامِ مَالِكٍ.

وَكَانَ سِنِّ الشّفِعِي حِيْنَ أَتَى إِلَى مَالِكٍ ثَلَاثَ عَشْرَةَ سَنَةَ. 

ثُمَّ وَلَى بِالْيَمَنِ وَاشْتُهِرَ مِنْ حُسْنِ سِيْرَتِهِ وَحَمْلِهِ النَّاسَ عَلَى السُّنَّةِ وَالطَّرَائِقِ

 الْجَمِيْلَةِ بِأَشْيَاءِ كَثِيْرَةٍ مَعْرُوْفَةٍ. 

Ketika Imam Syafi’i R.A. belajar ilmu fiqih, dan menghasilkannya dari Imam Muslim bin Kholid Azzanjiy dan Imam lain yang berada di kota Mekah. Maka Beliau pergi ke kota Madinah dengan tujuan belajar kepada Imam Malik.  

Imam Syafi’i ketika datang belajar kepada Imam Malik pada usia 13 tahun setelah itu Imam Syafi’i menetap di kota Mina dan terkenal dengan perilaku yang baik sehingga mengajak manusia berpegang teguh pada jalan ahli sunnah dan beberapa jalan yang  sudah terkenal 

Keagungan Perilaku imam syafi’i

هُوَ الَّذِيْ لَا يُسَاوِى,بَلْ لَا يُدَانِى فِيْ مَعْرِفَةِ كِتَابِ اللهِ تَعَالَى وَسُنَّةِ رَسُوْلِهِ صَلَّ اللهُ

 عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , وَرَدِّ بَعْضَهَا إِلَى بَعْضٍ.

وَهُوَالْإِمَامُ الشَّافِعِي الْحُجَّةَ فِي لُغَةِ الْعَرَبِ فَقَدْ إِشْتَغَلَ فِي الْعَرَبِيَّةِ عِشْرِيْنَ السَّنَةً مَعَ

 بَلَاغَتِهِ وَفَصَاحَتِهِ وَمَعَ اَنَّهُ عَرَبِيُّ اللِّسَانُ والدَّرُوالْعَنْصُرُ وَبِهَايُعْرَفُ الْكِتَابُ

 وَالسُّنَّةُ.

Dalam keilmuan Imam Syafi’i tidak ada yang membandingi bahkan Beliau adalah orang yang mengetahui kitabnya Allah dan sunah Rosulullah sehingga mampu membalikkan sebagian Alqur’an dan sebagian yang lain.

 Imam Syafi’i merupakan hujjah dalam bahasa arab (lughotul arobiyah). Beliau menyibukkan diri dengan belajar ilmu khot arab dalam waktu 20 tahun besertaan dengan ilmu balaghoh dan fasih. Dengan demikian  beliau dijuluki sebagai orang arab. Dengan sebab belajar ilmu bahasa arab beliau mengetahui Alqur’an dan sunnah.

وَقَدْ قَالَ عَبْدُ الْمَلِكْ بِنْ هِشَام الْإِمَامُ اَهْلِ مِصْرَ فِي زَمَانِهِ فِي اللُّغَةِ وَالنَّحْوِالشَّافِعِي

 حُجَّةٌ فِي اللُّغَةِ وَكَانَ إِذَا شَكَّ فِي شَىْءٍ مِنَ اللُّغَةِ بَعَثَ اِلَى الشَّافِعِي فَسَأَلَهُ عَنْهُ

وَقَالَ اَيُوبُ بْنُ سُوَيْدِ خُذُوْا عَنِ الشَّافِعِي اللُّغَةَ. 

 Abdul Malik bin Hisyam berkata: “Imam Syafi’i merupakan ahli nya kota Mesir pada masanya dalam bidang ilmu lughot dan nahwu. Sehingga beliau menjadi ahli hujjah dalam ilmu lughot. Ketika Imam Abdul Malik bin Hisyam merasa ragu mengenai sesuatu yang ada pada ilmu lughot maka beliau mengutus seseorang kepada Imam Syafi’i untuk menanyakan tentang sesuatu tersebut.

وَ مِنْ شِعْرِهِ :

شَكَوْتُ إِلَى وَكِيعْ سُوْءَ حِفْظِي        فَأَرْشَدَنِي اِلَى تَرْكِ الْمَعَاصِيْ 

وَ أَخْبِرَنِيْ بِأَ نَّ  الْعِلْمَ  نُوْرٌ          وَنُوْرُ اللهِ لَا  يَهْدِيْ  لِعَاصِيْ

Dan dari Syi’irnya Imam Syafi’i :

Aku pernah mengadukan kepada Imam Waqi’ tentang jeleknya hafalanku, lalu Beliau mengarahkanku untuk meninggalkan maksiat.

Beliau memberitahu kepadaku bahwa ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan kepada ahli maksiat.

وَ قَالَ 

أَ خِيْ لَنْ تَنَالُ الْعِلْمُ اِلَّا بِسِتَّةٍ         سَأُنْبِيْكَ عَنْ تَفْصِيْلِهَا  بِبَيَا نِ

ذُكَاءٍ وَ حِرْصٍ وَاجْتِهَادٍ وَبُلْغَةٍ       وَصُحْبَةِ أُسْتَاذِ وَطُوْلِ زَمَا نِ

Dan Berkata:

Hai saudaraku, engkau tidak akan memperoleh ilmu kecuali dengan memenuhi 6 syarat,

saya akan memberitahukan keseluruhannya secara rinci.

Yaitu kecerdasan, kesungguhan ,biaya, bimbingan guru, waktu yang lama.

2 komentar untuk “Biografi Imam Syafi’i Dan Cerita Singkat Mencari Ilmu imam syafi’i”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top