Biografi Imam Malik Bin Anas

Imam malik bin anas adalah salah satu guru utama yang bisa menyeret imam syafi’i menjadi sosok mujtahid mutlak, menjadi imam besar yang di anut oleh penduduk bumi secara biografi beliau bisa di telaah seperti di bawah ini

الامام مالك بن أنس

قَالَ شَيْخُ الْإِسْلَامِ فِيْ عَصْرِهِ مُحْيِي الدِّيْن النَّوَاوِي قَدَّسَ اللهُ رُوْحَهُ : هُوَأَبُوْ عَبْدِ الله مَالِكْ بِنْ أَنَسْ بِنْ مَالِكْ بِنْ أَبِيْ عَامِرْ بِنْعَمْرُوْ بْنُ الْحَارِثْ بِنْ غَيْمَانَ, بِالْغَيْنِ الْمُعْجَمَةِ وَالْيَاءِ الْمُثَنَاةِ تَحْتَ, اِبْنِ خْثَيْلِ, بِالْخَاءِ الْمُعْجَمَةِ الْمَضْمُوْمَةُ وَفَتْحُ الْثَاءِ  الْمُثَلَثَةُ: اِبْنُعَمْرُوْابْنُ الْحَارِثُ الْأَصْبَحِى الْمَدَنِي, إِمَامُ دَارِ الْهِجْرَةِ, وَأَحَدُ أَئِمَّةِ الْمَذَاهِبِ الْمَتْبُوْعَةِ, وَهُوَمِنْ تَابِعِي التَّابِعِيْنَ.سَمِعَ نَافِعًا مَوْلَىابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ, وَأَبَاالْزُبَيْرِ, وَالزُّهْرَى, وَعَبْدُ اللهِ بْنِ دِيْنَارَ, وَأَبَا حَازِمْ,وَخَلَائِقَ آَخَرِيْنَ مِنَ التَّابِعِيْنَ

Syeikh Islam Muhyiddin Annawawi berkata : “Imam Malik adalah Abu Abdullah Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amru bin Alharits bin Ghoiyman bin Khutsail, bin Amru bin Alharits Al Asbahiy Al Madani yang menjadi Imam Darul Hijrah dan menjadi salah satu Imam dari beberapa Imam Madzhab yang diikuti Beliau adalah termasuk dari golongan Tabi’it tabi’in . Nafi’ Maula bin Umar R.A. juga mendengar dan Muhammad bin Mundakir dan Abu Zubair, Zuhro, Abdullah bin Dinar dan Abu Hazim dan beberapa Imam lain dari para Tabi’in.

baca juga : biografi imam syafi’i 

رُوِىَ عَنْهُ يَحْيَي الْاَنْصَارِيْ, وَالزُّهْرِي, وَهُمَا مِنْ شُيُوْخِهِ,وَابْنُ جُرَيْج,وَيَزِيْدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْهَادِي, وَالْأَوْزَاعِي, وَالثَّوْرِي, وَابْنُعُيَيْنَة,وَشُعْبَة, وَاللَّيْثِ بْنِ سَعْدٌ, وَابْنُ الْمُبَارَك, وَابْنُ عَلِيَّةَ, وَالشَّافِعِي, وَابْنُ وَهْبٍ, وَإِبْرَاهِيْمُ بْنُ طَهْمَانَ,وَالْقَعْنَبِيُّ وَعَبْدُ اللهُ ابْنُ يُوْسُفَ, وَعَبْدُاللهُ بْنُ نًافِعً, وَيَحْيَ الْقُطَانِ, وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنِ مَهْدِي وَمَعَنِ بْنِ عِيْسَى, وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِم المِصْرِي, وَأَبُوْ عَاصِم النَّبِيْلُ,وَرُوْحُ بْنُ عُبَادَة, وَالْوَلِيْدُ ابْنُ مُسْلِمُ,وَيَحْيَى بْنُ يَحْيَى النَّيْسَابُوْرِي, وَيَحْيَى بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ بَكِيرْ, وَعَبْدُ الْعَزِيزْالاَوْسِيْ, وَقُتَيْبَةْ, وَسَعِيْدُ بْنُ أَبِى مَرْيَمْ, وَسَعِيْدُ بْنُ كَثِيْرُ بْنُ عَفِيْرُ, وَمُطْرِفُ ابْنُ عَبْدِ اللهْ اليَسَارِيْ, وَوَرْقَاءُ بْنُ عُمَرَ, وَخَلَائِقَ اَخِرُوْنَوَأَجْمَعَتَ الْعُلَمَاءُ عَلَى إِمَامَتِهِ, وَجَلَالَتِهِ, وَعَظْمِ سِيَادَتِهِ, وَتَبْجِيْلِهِ, وَتَوْقِيْرِهِ, وَالْإِذْعَاُنُ لَهُ فِي الْحَفْظِ وَالتَّعَبْتِ, وَتَعْظِيْمُ حَدِيْثِ رَسُوْلِ الله صلى الله عليه وسلم 

   Di riwayatkan oleh yahya al-anshori dan az-zahri keduanya merupakan guru dari imam malik imam ibnu juraikh yazid bin abdillah bin hadi dan imam auzai’ tsauri ila akhiri riwayat.

baca juga: biografi imam abu hanifah 

Semua ulama sepakat akan setatus keimamanya, agungnya imam malik dan besarnya sifat kepemimpinanya sehingga semuanya mengikuti imam malik dalam hifdz/ menghafal dan mengagungkan hadis nabi muhammad saw.

Keagungan imam malik 

قَالَ اَبُو حَاتِمَ: مَالِك ثِقَةٌ وَهُوَ امَامُ اَهلُ الحِجَازِ وَهَوِ اَثبَتَ اَصْحَابَ الزَّهِريُ وَقَالَ الاِمَامَ الشّفَعِي إِذَ جَاءَ الأثَرُ فَمَالِكِ النّجُمِ وَمَلِكَ وَبِنَ عُيَيْنَة القُرينَانَ وايضًا لَوْلَا المَلِكِ وَسُفْيانَ بن عُيَيَّنَة لِذَهَبِ عِلِمَ الحِجَازِ. وَقَالَ وَهَب بن خَالِد : مَا بَينَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ رَجُل اَمِنَ عَلَى حَدِيْثَ رسول الله مِن المَلِكَ. 

     Abu hatim berkata: imam malik adalah orang yang paling dapat di percaya beliau ahli hijaz imam malik juga merupakan orang yang lebih terbukti di antara ashabuzuhri.

Imam syafi’i berkata: ketika ada  hadis rasulullah saw  maka imam malik ibarat bintang. Sedangkan imam malik dan ibnu uyainah orang yang saling dekat keduanya.

Diantara arah timur dan barat ada sosok laki-laki yang lebih di percaya dalam ilmu hadis yakni imam malik.

عَنْ مُعَنْ بِنَ عِيسِ قِالِ كِانِ مِالك إِذاأَرَدَ اَن يَجْلِسُ للحَدِيثُ اِغْتَسَلَ وَتُبخَرَ وَتَطَيُّبِ فَإِن رَفَعَ اَحَد صُوتَه فِي مِجِلسِهِ قَالَ: قَالَ الله يَأيُّهَا الَّذَينَ اَمَنُوْا لَاتَرْفَعُوْا اَصْوَتَكُمْ فَوقَ الصَّوتِ النَّبِي (الحجرات ) فَمَنْ رَفَعَ صَوتَهُ عِنْدَ حَدِيْثِ النَّبِي فَكَأنَّمَا رَفَعَ صَوتَهُ فَوْقَ الصَّوْتِ النَّبِي.

      Diriwayatkan dari mu’an bin isya beliau berkata: tatkala imam malik hendak membuka kajian majlis hadis beliau terlebih dahulu mandi dan memakai wewangian yang semerbak harum ketika itupula ada seorang yang mengangkat suara dengan keras di dalam majlisnya  maka beliau  berkata : allah bersabda: hai orang-orang yang beriman janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara nabi dan jangnlah kamu berkata kepadanya dengan suara yang keras . dan barang siapa yang meninggikan suara di atasnnya  maka berarti dia telah meninggikan suara di hadapan nabi.

وَرُوِيَ اِبنُ اَبِي حَاتِمْ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنَ بِنَ مَهْدِي قَالَ: الاَئِمَةُ النَّاسُ فِي زَمَانِهِمْ اَرْبَعَةُ سُفْيَانَ الثَوْرِي بِالكُوفَةَ وَمَالِك بِالحِجَازِ وَالاَوْزَعِي بِاالشَّامِ وَحَمَادُ ابنُ زَيْد بِالبَصْرَةَ

Di riwayatkan oleh abi hatim abdirahman bin mahdi berkata:  imamnya manusia pada saat itu ada 4 1. Sufyan bin abi hatim dari kuffah 2. Imam malik dari hijaz 3. Imam auza’i dari syam 4. Imam hammad bin zaid dari bashrah.

وَقَالَ الشَّافِعِيُ بِإسْنَادِ صَحِيْحِ: مَا فِي الاَرْضِ كِتَابُ مِنَ العِلْمِ اَكْثَرُصَوَابًا مِنْ مُوَاطَا مَالِك. قَالَ العُلَمَاء إِنَّمَاقَالَ الشَّفِعِي هَذَا قَبْلَ وُجُود الصَّحِيحَي البُخَارِي وَالمُسْلِمْ فَهُمَا اَصَحُ مِنَ المُوَطَأبِإتِّفَاقِ العُلَمَاء.

   Imam syafi’i berkata dengan dasar dalil yang shahih : tidak pernah di temukan di mukabumi ini kitab yang banyak kebenaranya kecuali kitab muatha’nya imam malik. Ulama berpendapat ketika imam asyafi’i mengatakan perihal kitab muatha’ imam malik ketiak belum adanya kitab shahih bukhari dan muslim, akan tetapi shahih bukhari dan muslim adalah kitab yang lebih baik di bandingkan kitab muath’nya imam malik, menurut pendaptnya kesepakatan ulama.

baca juga: kisah kejeniusan imam abu hanifah 

وَعَن خَالِد بِن نِزَارِ الاِيْلِي قَالَ: مَا رَايتثُ اَحَدَا أَقْرَأ الكِتَابِ الله تعالى مِن المَلِكَ رَحِمَهُ الله تعالى.   

Dari khalid bin nizar al iyali berkata : saya tidak pernah melihat orang yang banyak membaca kitabullah  dari imam malik,( imam malik salah satu orang yang banyak membaca al-qur’an)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top