Biografi Singkat Imam Ahmad bin Hanbal

mengenali keturunan sosok imam mujtahid adalah kewajiban bagi semua orang islam, karena tidak kenal adalah sama dengan tidak menganut padanya, maka hadirnya sedikit tentang sosok imam ahmad bin hambal semoga bisa menjadi tambahan wawasan bagi pecinta imam mujtahidin berikut mulai dari nasabnya imam ahmad bin hambal.

 الْلِأمَامُ أَحْمَدُ ابْنُ حَنْبَل

أَحْمَدُ ابْنُ حَنْبَل هُوَ الْإِمَامُ الْبَارِعُ الْمُجَمَّعُ عَلَى جَلَالَتِهِ وَإِمَامَتِهِ وَ وَرَعِهِ وَزَهَادَتِهِ وَحَفْظِهِ وَ وَفُوَّرَ عِلْمِهِ وَسِيَادَتِهِ, أَبُوْ عَبْدُ الله أَحْمَدُ بْنُ مٌحَمَّدُ بْنُ حَنْبَل بْنُ هِلَالِ بْنِ اسَد بْنُ إِدْرِيْس اِبْنُ عَبْدُ اللهُ بْنُ حَيَانْ بْنُ عَبْدُ الله بْنُ أَنَسُ بْنُ عَوْفَ بن قَاسِطِ بن مَازْنَ بْنِ شَيْبَانِ الْمَرُوْزَى ثُمَّ الْبَغْدَادِي, وَيَلْتَقِيُ ابْنُ حَنْبَل فِيْ نَسَبِهِ مَعَ الرَّسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِيْ نِزَارِ بْنِ مُعَدِ بْنِ عَدْنَان

Imam ahmad bin hambal  adalah imam yang paling cemerlang dari semua keagungan imamah,keshaleha, kebanggaan dan kewira’ianya abu abdillah ahmad bin muhammad bin hambal bin hilal bin asad bin idris bin abdillah bin ibnu hayan bin abdillh bin anas bin auf bin qhasith bin mazna bin syaiban bin maruza kemudian al baghdadi imam ibnu hambal memiliki garis keturunan dengan rasulullah muhammad pada nizar bin ma’ad bin adnan.
وُلِدَ فِيْ شَهْرِ رَبِيْعَ الْأَوَّلِ سَنَةَ أَرْيَعَ وَسِتِّيْنَ وَمِائَةٍ بِبَغْدَادِ بَعْدَ اَنْ خَرَجَتْ بِهِ أُمُّهُ وَهُوَ جَنِيْنٌ مِنْ مَدِيْنَةِ مَرُّو اَلَّتِي كَانَ يَقِيْمُ بِهَاأَبُوْهُ إِلَى بَغْدَادِ, وَدَخَلَ مَكَّةَ وَالْمَدِيْنَةَ وَالْشَامَ وَالْيَمَنَ وَالْكُوْفَةَ وَالْبَصْرَةَ وَالْجَزِيْرَةَ

Imam ibnu hambal di lahirkan di bulan rabiul awwal pada tahun 164 di baghdad setelah ibunya melahirkan imam ahmad bin hambal kemudian beliau pergi dari kota madina menuju tempat yang pernah di singgahi oleh bapaknya sampai kota bagdad kemudian beliau memasuki kota mkkah madinah syam yaman kufah basrah dan jazirah.
وَلَقَدْ مَاتَ وَالِدُ ابْنُ حَنْبَلٍ وَهُوَ طُفْلٌ صَغِيْرٌ, وَابْنُ حَنْبَلٍ لَا يَتَذَكَّرُاَنه رَأَهُ وَلِذَلِكَ نَشَأ يَتِيْمًا تَكْفُلُهُ أُمُّهُ وَتَرْعَاهُ وَتَقُوْمُ عَلَى تَرْبِيْتِهَوَاسْمِهَا صَفِيَةُ بِنْتُ مَيْمُوْنَةَ بِنْتُ عَبْدُ الْمَالِكِ الشَّيْبَانِي مِنْ بَنِي عَامْرٍ

Sedangkan ayah  imam ibnu ahmad bin hambal telah lama meninggal semenjak beliau masih keci,oleh karena itu beliau tidak ingat akan wajah ayahnya kemudian beliau hidup seorang yatim dan di rawat dalam didikan ibunya yang bernama shafiah binti maimunah binti abdil malik asyaibani yang berasal dari bani ‘amir 

وَقَدِ اشْتَهَرَتْ نِسْبَةُ ابْنِ حَنْبَل إِلَى جَدِّهِ حَنْبَلُ فَصَارَ النَّاسُ يَقُوْلُوْنَ اِبْنُ حَنْبَلً مَعَ أَنْ حَنْبَلَ جَدِّهِ وَأَمَّا أَبُوْهُ فَهُوَ مُحَمَّدُ, وَالسَّبَبُ فِيْ ذَلِكَ أَنْ جَدَّهُ كَانَ أَشْهَرُ مِنْ أَبِيْهِ, لِأَنَّ أَبَاهُ كَانَ مُجَاهِدًا مَغْمُوْرًا عَلَى حِيْنِ كَانَ جَدُّهُ وَالْيَا لَلِأَمَاوِيْيَنْ عَلَى سَرْخَسَ مِنْ أَعْمَالِ خَرَسَّانِ,وَكَانَ مَعَ هَذَا مِنَ  الدُّعَاةِ إِلَى الْخِلَافَةِ الْعَبَاسِيَّةِ الَّذِيْنَ نَالَهُمُ الْآَ.ذِى بِسَبَبِ هَذَا الدَعْوَةِ

Sungguh sudah terkenal penyebutan ibnu hambal di karenakan nisbat/hubungan dengan kakenya yang bernama hanbal maka pada akhirnya beliau terkenal dengan sebutan ibnu hambal hanbal sendiri adalah kakeknya, bapaknya bernama muhammad oleh karena itu nama kakenya lebih terkenal daripada nama nama ayahnya, ayahnya imam ibnu hambal seorang mujahid yang tidak terkenal, di satu waktu sedangkan kake imam ahmad bin hambal merupakan juru laden dari dua imam yang berasal dari tanah kharasan, dengan demikian pula beliau termasuk orang yang mengajak kedalam khilafah abbasiah, hingga mereka memperoleh siksa dengan sebab ajakan ini.

Kemulyaan imam ahmad bin hambal 

وَقَالَ الْغَزَالِيْ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى وَكَانَ بَيْنَ أَحْمَدُ ابْنُ حَنْبَلً وَيَحْيَى بْنُ مُعَيَّنْ صَحْبَةَ طَوِيْلَةً, فَهَجْرُهُ أَحْمَد إِذَ سَمِعَهُ يَقُوْلُ : إِنِّيْ لَا أَسَالُ أَحَدَا شَيْئًا, وَلَوْ أَعْطَانَيَ الشَيْطَانَ شَيْئَا لِأَكْلَته, الَّذِيْنَ نَالَهُمُ الْآَ.ذِى بِسَبَبِ هَذَا الدَعْوَةِ أَنَّ الْأَكْلَ مِنَ الدِّيْنِ قَدَّمَهُ الله تعالى عَلَى الْعَمَلِ الصَالِحِ, فَقَالَ تعالى (كُلُوا مِنَ الطَّيْبَاتِ وَاعْمَلُوْا صَالِحًا) المؤمنون:

Terdapat persahabatan yang sangat lama antara ahmad bin hambal dan yahya imam ahmad meninggalkan yahya ketika berkata: saya tidak meminta apapun kepada siapapun dan jika sehtan memberi sesuatu maka saya akan memakanya, sampai yahya meminta maaf dan berkata saya bercanda. imam ahmad berkata:  bercanda dengan agama.
Apa yang di makan dari agama maka itu di berikan oleh allah yang maha esa ,dan mampu menjadi amal salih allah berfirman: makanlah kalian semua dari sesuatu yang baik dan beramalah salih. 

وَقَالَ الْحَافِظُ رَحِمَهُ اللهُ: قَالَ إِبْرَاهِيْمُ بْنُ جَعْفَر الْمُرُوْزِي : رَأَيْتُ أَحْمدُ ابْنُ حَنْبَلِ فِيْ الْمَنَامِ, يَمْشِيْ مِشْيَةً يَخْتَالُ فِيْهَا, فَقُلْتُ مَا هَذِهِ الْمَشْيِةُ يَا أَبَا عَبْدِالله ؟ قَالَ : هَذِهِ مَشِيْةُ الْخَدَامِ فِيْ دَارِ السَّلَامِ وَقَالَ عَبْدُاللهُ بْنُ الْقَاسِمِ الْقُرَيْشِي : سَمِعْتُ الْمَرُوْزِي يَقُوْلُ : رَأَيْتُ أَحْمَدُ ابْنُ حَنْبَل فِيْ الْمَنَامِ, وَعَلَيْهِ حَلَّتَانِ خَضْرَاوَانِ,وَفِيْ رِجْلَيْهِ نَعْلَان مِنَ الذَّهَبِ الْأَحْمَرِ, شرَاكهُمَا مِنَ الزَّمْرُدِ الْأَخْضَرِ, وَعَلَى رَأْسِهِ تَاجٌ مِنَ النُّوْرِ, مُرَصَّعٌ بِالْجَوْهَرِ, وَإِذَا؛ هُوَ يَتَبَخْتَر فِيْ مَشْيَتِهِ, فَقُلْتُ لَهُ : حَبِيْبِيْ يَا أَبَا عَبْدِالله, مَا هَذِهِ الْمَشْيَةُ الَّتِيْ لَا أَعْرِفُهَا لَكَ فِيْ دَارِ الدُّنْيَا ؟ قَالَ : هَذِهِ مِشْيَةُ الْخَدَامِ فِيْ دَارِالسَّلَامِ, فَقُلْتُ : حَبِيْبِيْ يَا أَبَا عَبْدِالله, مَا هَذَا الْتَاجُ الَّذِيْ أَرَاهُ عَلَى رَأْسِكَ ؟ قَالَ : إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ غَفَرَلِيْ, وَأَدْخَلَنِيْ الْجَنَّةَ,وَحَبَانِيْ,وَكَسَانِيْ, وَتَوَجُّنِيْ بِيَدِهِ وَأَبَاحَنِيْ النَّظَرُ إِلَيْهِ, وَقَالَ لِيْ : يَا أَحْمَدُ فُعِلْتُ بِكَ هَذَا لِقَوْلِكَ الْقُرْآنِ كَلَامِيْ غَيْرُ مَخْلُوْقِ

Imam hafidz semoga allah merahmatinya berkata : Saya melihat imam ahmad ibnu hanbal dalam mimpi berjalan dan mengembara di jalan yang agung , jalan apa ini hai aba abdillah ? ini adalah perjalanan menuju khidmah dalam agama islam kemudian abdillah bin qasim al-quraisy beliau pernah mendengar dari imam al-maruzi berkata: saya melihat imam ahmad bin hanbal dalam mimpi di atasnya memakai dua sesuatu yang hijau kemudian kakinya memakai sandal yang terbuat dari emas berwarna merah,sedangkan lantainya terbentuk dari zamrud yang hijau,kepalanya memakai mahkota yang bercahaya yang  gemerlap dengan corak inten, dalam perjalanan mimpi itu saya bertanya kepadanya : kekasihku ya aba abdillah  Jalan apakah ini tidak ku ketahui bagimu di dunia ini beliau menjawab : ini adalah perjalan khidmah dalam keselamatan kemudian aku bertanya : ya aba abdillah apa arti mahkota yang menempel pada kepala mu, beliau menjawab :sungguh  allah yang maha luhur dan maha agung telah mengampuni ku dan memasukan ku kedalam surga,memakaikan ku mahkota,memberikan ku sandangan,mengahadpkan ku di hadapanya dan allah mempersilahkan ku melihatnya, seraya berkata ya ahmad bin hambial kulakukan demikian atas dasrar perkataan mu yang menyatakan al-qur’an kalamullah adalah makhluk.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top